Marketing dalam Manajemen

Kata marketing tentunya sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Marketing merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam suatu organisasi.  Keberlanjutan suatu organisasi atau perusahaan sangat bergantung pada berhasil tidaknya para anggota perusahaan menerapkan system dan strategi marketing yang baik bagi organisasi tersebut. Marketing erat kaitannya dengan penjualan produk atau cara-cara pemasaran. Namun, apa marketing hanya terbatas pada hal itu saja? Mari kita dalami lagi kepahaman kita mengenai marketing yang tentunya akan berguna dalam kehidupan kita dalam berorganisasi di masa mendatang.

  • Definisi Marketing Management
Menurut American Marketing Association Phillip Kotler, marketing/manajemen pemasaran
adalah suatu proses merencanakan dan melaksanakan konsep, penentuan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk membuat suatu pertukaran yang memuaskan individu atau tujuan organisasi.

  • Tujuan Marketing Management
Marketing penting untuk dilakukan karena memiliki tujuan-tujuan strategis yang harus dicapai, antara lain: (1) Menarik costumer baru, karena taktik pemasaran yang inovatif tentunya akan  memberi nilai yang lebih bagi produk yang dipasarkan, sehingga akan menarik para pelanggan baru untuk mencoba menggunakan produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. (2) Mempertahankan dan mengembangkan ketertarikan customer yang telah ada. Penting untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada, kerana selain menggunakan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan, costumer ini juga dapat secara sadar ataupun tidak untuk meningkatkan penjualan perusahaan, misalnya dengan memberikan informasi kepada pihak-pihak terdekat sehingga menambah jumlah costumer perusahaan.

Ada berbagai cara atau metode yang digunakan dalam melaksanakan program marketing, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Contoh Marketing
Suatu perusahaan tidak mungkin dapat bertahan dalam lingkungan pasar apabila tidak mengaplikasikan sistem marketing dalam operasinya. Saat ini banyak sekali kita temui produk-produk yang membuat dan menayangkan iklan di berbagai media, baik media cetak, televisi, radio, dan internet. Semua jenis iklan tersebut merupakan bagian dari taktik marketing perusahaan yang bersangkutan dengan tujuan mempromosikan produknya serta meningkatkan penjualan perusahaan. Aktivitas iklan di berbagai media tersebut dapat membentuk brand image yang diinginkan oleh perusahaan. Aktivitas marketing yang seperti ini biasa disebut Above The Line (ATL). Taktik menggunakan iklan ini umumnya menghabiskan dana yang cukup besar, karena biaya iklan tergolong sangat mahal pada saat ini.
Selain iklan, ada pula aktivitas marketing yang dilakukan dengan tujuan untuk merangkul konsumen agar menjadi perhatian/aware dengan produk yang ditawarkan. Misalnya dengan memberikan program bonus/hadiah secara langsung. Ataupun mengadakan berbagai macam acara yang terkait dengan produk yang ditawarkan. Aktivitas ini disebut Below The Line (BTL). Taktik sebenarnya juga membutuhkan dana yang cukup besar, hanya saja manfaat yang diperoleh umumnya akan lebih besar dari hanya melakukan iklan, karena program ini akan lebih diingat oleh para konsumen sehingga kegiatan promosi dapat lebih efektif.

















Nama : Izzia An-Nabila
Kelas : 2-A / D-III PBB/Penilai

0 komentar:

Posting Komentar