Manajemen, Pengertian dan Pengenalan

Hi kawan, kali ini kita mau berbagi ilmu tentang pengenalan manajemen. Apa itu manajemen?


"Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain."

Definisi Ini adalah yang paling menarik, simpel, dan mudah ditangkap mengenai apa itu manajemen. Definisi Mary Parker Follet ini menggambarkan bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Namun dalam mengatur dan mengarahkan, seorang manajer harus memahami seni, yakni seni membuat orang lain mau melakukan arahan dan mengikuti aturan yang diberikan.



Definisi yang lebih spesifik dikemukakan oleh Ricky W. Griffin yang mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Ada empat komponen manajerial dalam pengertian tersebut, yakni perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengontrolan. Perencanaan dan pengambilan keputusan biasanya merupakan awal dari proses manajemen. Namun perlu dipahami bahwa proses manajemen tidak selalu berurutan dan terpisah. Proses-proses dalam manajemen adalah proses acak yang pengerjaannya disesuakan dengan kebutuhan, baik jenis maupun waktunya. Bahkan tidak jarang lebih dari satu jenis proses manajemen dilakukan secara bersamaan. Misalnya proses pengorganisasian dilakukan bersamaan dengan proses pengarahan dan pengontrolan. Ketidakpastian ini juga termasuk pada bagian seni dalam manajemen. proses

Manajemen tidak pernah lepas dari sebuah organisasi. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam suatu cara terstruktur dan terkoordinir untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam suatu organisasi ada sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Suber daya dalam organisasi ada 4 (empat) jenis, yakni sumber daya manusia, finansial, fisik, dan informasi. Manajer, atau orang yang melakukan kegiatan manajemen, bertanggung jawab dalam pengkombinasian serta pengkoordinasian sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.

 Perlu kita ketahui bahwa aktivitas manajerial sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan piramida di mesir yang memerlukan tenaga kerja dan sumber daya yang tidak sedikit dengan tenggang waktu yang tidak sebentar. Begitu pula dengan pembangunan Tembok Cina yang dibangun untuk menahan serangan pasukan berkuda Mongol juga menunjukkan penggunaan manajemen, bahkan sudah mencapai penggunaan manajemen resiko.

Demikian sekilas pengenalan tentang apa itu manajemen, semoga bermanfaat dan menambah semangat belajar serta keingintahuan kawan semua. Thank you!


(ditulis oleh : Andri Setia Budi)

1 komentar:

Unknown at: 6 November 2015 pukul 05.27 mengatakan...

jangan lupa kasih tau referensinya

Posting Komentar