Unsur Unsur Manajemen

Manajemen memiliki beberapa unsur-unsur, antara lain:
Unsur-unsur:
  • Cara atau proses
Serangkain kegiatan atau tindakan
  • Tujuan tertentu
Sesuatu yang ingin dicapai
  • Sistematik
Saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain.
  • Efektif
  • “Doing things right”
  • Sumber daya
Sumber daya manusia, finansial, fisik, dan informasi
  • Efisien
“Doing the right things”
Ada banyak pendapat tentang fungsi manajemen, disini saya akan menjabarkan dua versi fungsi manajemen

Fungsi manajemen (POAC), yaitu :
    1. Planning
Planning perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut
    1. Organizing
Organizing adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
    1. Actuating
Actuating adalah proses implementasi dari struktur organisasi yang telah didesain dalam proses organizing.
    1. Controlling/Pengendalian
Controling adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

 Fungsi manajemen versi lainnya, yaitu :
    1. Planning Suatu cara menghampiri masalah-masalah dengan cara merumuskan apa saja yang harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya. Langkah Perencanaan antara lain adalah : 1. Menentukan dan merumuskan tujuan yang hendak dicapai. 2. Meneliti masalah-masalah atau pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan. 3. Mengumpulkan data dan informasi-informasi yang diperlukan. 4. Menentukan tahap-tahap atau rangkaian tindakan. 5. Merumuskan bagaimana masalah-masalah itu akan dipecahkan dan bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu akan diselesaikan.
    2. Organizing Organizing adalah aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Yang perlu diperhatikan dalam pengorganisasian antara lain ialah bahwa pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab, hendaknya disesuaikan dengan pengalaman, bakat, minat, pengetahuan, dan kepribadian masing-masing orang yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.
    3. C. Coordinating Coordinating / koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi
    4. D. Staffing Arti Staffing atau Kepegawaian adalah aktivitas yang dilakukan yang meliputi menentukan, mimilih, menempatkan dan membimbing personel.
    5. E. Directing Directing / commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
    6. F. Controlling Pengawasan, Pengendalian atau Controlling adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.
    7. G. Leading Leading atau fungsi pengarahan adalah bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.
    8. H. Evaluating Evaluating atau Penilaian adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.Dengan adanya penilaian maka akan dapat diketahui kekurangan dan kelemahan sehingga dapat direncanakan cara memperbaikinya.
 Hubungan antar fungsi manajemen

Hubungan dari fungsi fungsi tersebut sangat berkaitan dimana dibutuhkan planning (perencanaan). Tanpa adanya perencanaan akan petugas F.O tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik dikarenakan petugas F.O tersebut tidak mengetahui apa yang harus dikerjakannya. Begitupun dengan adanya pengorganisasian yang baik akan menjalankan tujuan dari hotel tersebut dengan baik. Tanpa adanya pengorganisasian yang baik maka hotel tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Begitupun dengan fungsi fungsi lainya, jika tidak saling berhubungan maka pelayanan dari suatu petugas F.O tersebut akan buruk, karena salah satu fungsi tersebut tidak diterapkan dengan baik.

Semangat belajar guys!
(ditulis oleh Muhammad Ridho Arve)

0 komentar:

Posting Komentar