Mengapa Manajemen Diperlukan?



Bila kita mendengar kata "Manajemen", biasanya yang ada di benak kita adalah bisnis, kantor, maupun perusahaan. Memang, manajemen terkait dengan hal itu semua, namun sesungguhnya esensi manajemen tidak hanya itu. Manajemen dibutuhkan di setiap organisasi baik itu organisasi profit seperti perusahaan, hingga organisasi tingkat RT sekalipun. Pokoknya, dimana ada organisasi, dimana ada orang lebih dari satu berkumpul, memiliki tujuan yang sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut, maka ada manajemen disitu. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari manajemen.


Setidaknya, ada tiga alasan mengapa manajemen dibutuhkan, yaitu:

1) Untuk mencapai tujuan

2) Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan

3) Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas

Tanpa adanya manajemen, rasanya sulit untuk mencapai itu semua.

Apa yang dimaksud dengan efektif dan efisien?

Menurut Om Peter Drucker, seorang ahli manajemen, efisien adalah "mengerjakan pekerjaan dengan benar" (doing things right), sedangkan efektif merupakan adalah "mengerjakan pekerjaan yang benar" (doing the right things).


Efisien belum tentu efisien. Nah loh, kok bisa?

Begini nih, misalnya aku punya pabrik es. Pabriknya sangat efisien deh pokoknya, alatnya canggih, modal sedikit hasilnya banyak. Efisien tuh. Tapi aku menjual hasil olahan es itu di... Kutub Selatan. Di samping disana jarang ada manusia, disana juga dingin, tidak ada orang yang mau dingin-dingin minum es, sehingga cara aku berjualan tadi tidak efektif, walaupun proses pembuatan es nya tadi sudah efisien.

Bagaimana? Belajar manajemen seru kan? Sampai jumpa nanti!

(ditulis oleh : Rifki Fanani)

2 komentar:

Unknown at: 6 November 2015 pukul 05.10 mengatakan...

what about self management? nice post btw

MRarve at: 17 November 2015 pukul 23.22 mengatakan...

What do you know about self management? Please describe so i can learn from you

Posting Komentar