Mengelola Informasi dan Teknologi Informasi



v Informasi dan Manajemer
1.    Peranan Informasi dalam Pekerjaan Manajemen
Manajemer sebagai proses informasi. Manajer harus memutuskan apa yang akan dilakukan atas data dan informasi yang dia diterima. Sebagaimana data dan informasi disimpan agar bisa dipakai nanti, dan sebagian dikombinasikan untuk membentuk informasi baru. Selanjutnya, sebagian data dan informasi langsung digunakan, sebagian diserahkan ke orang lain, dan sebagian lagi dibuang.


Keterangan:
Data adalah angka-angka dan fakta-fakta kasar yang mecerminkan satu aspek realita
Informasi adalah data yang disajikan sedemikian rupa sehingga memiliki arti
Teknologi Informasi (IT) adalah sumber daya yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola informasi yang diperlukan demi mewujudkan misinya


2.      Karakteristik karakteristik  informasi yang bermanfaat
·         Informasi yang akurat
Informasi yang menyediakan refleksi yang valid dan dapat dipercaya mengenai realita
·         Informasi yang tepat waktu
Informasi yang tersedia tepat pada saat manajer membutuhkannya untuk membuat keputusan manajerial
·         Informasi yang lengkap
Informasi yang menyediakan semua angka dan fakta yang dibutuhkan seorang manajer
·         Informasi yang relevan
Informasi yang manajer yakini berguna bagi mereka, sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang mereka hadapi
3.      Manajemen informasi sebagai pengendalian
Manajemen informasi bisa menjadi bagian dari sistem pengendalian melalui mekanisme pengendalian awal, pengendalian selama proses, dan/atau pengendalian pasca-tindakan. Karena informasi dari lingkungan juga merupakan sumber daya seperti halnya bahan bakuatau modal, informasi ini harus dipantau dan dikelola untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pemanfaatan informasi tersebut.
4.      Pilar pilar teknologi informasi

v Tipe tipe Sistem Informasi

1.      Grup pemakai dan kebutuhan sistem

 











Penentuan Kebutuhan Pemrosesan Informasi Organisasi
Kebutuhan akan pemrosesan informasi dipengaruhi oleh grup pemakai dan kebutuhan sistemnya, serta oleh faktor-faktor manjerial khusus seperti area dan level organisasi
2.      Sistem sistem penting menurut level
·         Sistem pemrosesan transaksi (TPS) Aplikasi aplikasi pemrosesan informasi bagi transaksi bisnis harian
·         Sistem Informasi Manajemen (MIS) Mendukung para manajer organisasi dengan menyediakan laporan harian, jadwal, rencana, dan anggaran
·         Sistem Pendukung Keputusan (DSS) Sistem Interaktif yang mencari dan menyajikan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung prosess pembuatan keputusan
·         Sistem Pendukung Eksekutif (ESS) Sistem Informasi referensi cepat dan mudah akses yang secara khusus dirancang untuk bisa diakses secara instan oleh manajer-menajer level atas
·         Intelijensi Buatan (AI) Sistem komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, yang mampu maniru perilaku manusia dengan kata lain, intelejensi buatan adalah sistem yang mampu melakukan tugas fisik, menggunakan proses-proses pemikiran, dan belajar
3.      Internet
·         Internet (Net) Jaringan berukuran raksasa yang terdiri jaringan-jaringan yang melayani jutaan komputer dan menawarkan informasi mengenai bisnis, ilmu pengetahuan, dan pemerintah serta menyediakan arus komunikasi diantara lebih dari 170.000 jaringan terpisah diseluruh dunia.
·         Internet Service Provider (ISP) Perusahaan komersil yang memiliki koneksi permanen ke internet dan menjual koneksi temporer kepada para pelanggan
·         World Wide Web (WWW) Sistemj yang mengandung standar-standar universal untuk menyimpan, meretrieve, memformat, dan menampilkan informasi
·         Web Browser Perangkat lunak yang memungkinkan pemakai mengakses informasi pada Web
·         Intranet Jaringan komunikasi yang serupa dengan internet tetapi beroperasi didalam batas-batas satu organisasi tunggal
·         Extranet Jaringan komunikasi yang menyediakan akses terbatas kepada pihak-pihak eksternal tertentu ke dalam sistem informasi internal perusahaan, atau intranet

v Mengelola Sistem Informasi
1.      Menciptakan sistem informasi
2.      Mengintegrasikan sistem informasi
3.      Menggunakan sistem informasi
4.      Mengelola keamanan informasi
5.      Memahami keterbatasan keterbatasan sistem informasi

v Dampak Sistem Informasi terhadap Organisasi
1.      Organisasi yang lebih ramping
2.      Operasi yang meningkat
3.      Kolaborasi yang lebih baik
4.      Tempat kerja yang lebih fleksibel
5.      Proses proses manajemen yang lebih baik
6.      Perubahan perilaku karyawan


Sumber: Buku Griffin jilid 2edisi 7
disusun oleh : Rohman Juani

0 komentar:

Posting Komentar