v
Informasi dan Manajemer
1.
Peranan
Informasi dalam Pekerjaan Manajemen
Manajemer
sebagai proses informasi. Manajer harus memutuskan apa yang akan dilakukan atas
data dan informasi yang dia diterima. Sebagaimana data dan informasi disimpan
agar bisa dipakai nanti, dan sebagian dikombinasikan untuk membentuk informasi
baru. Selanjutnya, sebagian data dan informasi langsung digunakan, sebagian
diserahkan ke orang lain, dan sebagian lagi dibuang.
Keterangan:
Data
adalah angka-angka dan fakta-fakta kasar yang mecerminkan satu aspek realita
Informasi adalah
data yang disajikan sedemikian rupa sehingga memiliki arti
Teknologi Informasi
(IT) adalah sumber daya yang digunakan oleh
organisasi untuk mengelola informasi yang diperlukan demi mewujudkan misinya
2.
Karakteristik
karakteristik informasi yang bermanfaat
·
Informasi yang akurat
Informasi
yang menyediakan refleksi yang valid dan dapat dipercaya mengenai realita
·
Informasi yang tepat
waktu
Informasi
yang tersedia tepat pada saat manajer membutuhkannya untuk membuat keputusan
manajerial
·
Informasi yang lengkap
Informasi
yang menyediakan semua angka dan fakta yang dibutuhkan seorang manajer
·
Informasi yang relevan
Informasi
yang manajer yakini berguna bagi mereka, sesuai dengan kebutuhan dan situasi
yang mereka hadapi
3.
Manajemen
informasi sebagai pengendalian
Manajemen
informasi bisa menjadi bagian dari sistem pengendalian melalui mekanisme
pengendalian awal, pengendalian selama proses, dan/atau pengendalian
pasca-tindakan. Karena informasi dari lingkungan juga merupakan sumber daya
seperti halnya bahan bakuatau modal, informasi ini harus dipantau dan dikelola
untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pemanfaatan informasi tersebut.
4.
Pilar
pilar teknologi informasi
v
Tipe tipe Sistem Informasi
Penentuan
Kebutuhan Pemrosesan Informasi Organisasi
Kebutuhan
akan pemrosesan informasi dipengaruhi oleh grup pemakai dan kebutuhan
sistemnya, serta oleh faktor-faktor manjerial khusus seperti area dan level
organisasi
2.
Sistem
sistem penting menurut level
·
Sistem pemrosesan
transaksi (TPS) Aplikasi aplikasi pemrosesan informasi bagi transaksi bisnis
harian
·
Sistem Informasi Manajemen
(MIS) Mendukung para manajer organisasi dengan menyediakan laporan harian,
jadwal, rencana, dan anggaran
·
Sistem Pendukung
Keputusan (DSS) Sistem Interaktif yang mencari dan menyajikan informasi yang
dibutuhkan untuk mendukung prosess pembuatan keputusan
·
Sistem Pendukung
Eksekutif (ESS) Sistem Informasi referensi cepat dan mudah akses yang secara
khusus dirancang untuk bisa diakses secara instan oleh manajer-menajer level
atas
·
Intelijensi Buatan (AI)
Sistem komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, yang mampu maniru
perilaku manusia dengan kata lain, intelejensi buatan adalah sistem yang mampu
melakukan tugas fisik, menggunakan proses-proses pemikiran, dan belajar
3.
Internet
·
Internet (Net) Jaringan
berukuran raksasa yang terdiri jaringan-jaringan yang melayani jutaan komputer
dan menawarkan informasi mengenai bisnis, ilmu pengetahuan, dan pemerintah
serta menyediakan arus komunikasi diantara lebih dari 170.000 jaringan terpisah
diseluruh dunia.
·
Internet Service
Provider (ISP) Perusahaan komersil yang memiliki koneksi permanen ke internet
dan menjual koneksi temporer kepada para pelanggan
·
World Wide Web (WWW)
Sistemj yang mengandung standar-standar universal untuk menyimpan, meretrieve,
memformat, dan menampilkan informasi
·
Web Browser Perangkat
lunak yang memungkinkan pemakai mengakses informasi pada Web
·
Intranet Jaringan
komunikasi yang serupa dengan internet tetapi beroperasi didalam batas-batas
satu organisasi tunggal
·
Extranet Jaringan
komunikasi yang menyediakan akses terbatas kepada pihak-pihak eksternal
tertentu ke dalam sistem informasi internal perusahaan, atau intranet
v
Mengelola Sistem Informasi
1. Menciptakan
sistem informasi
2. Mengintegrasikan
sistem informasi
3. Menggunakan
sistem informasi
4. Mengelola
keamanan informasi
5. Memahami
keterbatasan keterbatasan sistem informasi
v
Dampak Sistem Informasi terhadap
Organisasi
1. Organisasi
yang lebih ramping
2. Operasi
yang meningkat
3. Kolaborasi
yang lebih baik
4. Tempat
kerja yang lebih fleksibel
5. Proses
proses manajemen yang lebih baik
6. Perubahan
perilaku karyawan
Sumber: Buku Griffin jilid 2edisi 7
disusun oleh : Rohman Juani
0 komentar:
Posting Komentar