Manajemen Waktu



Setiap hari kita memiliki berbagai macam aktifitas yang dapat kita lakukan, kemudian untuk memudahkan dan mengatur berbagai macam aktifitas tersebut, ada kalanya kita membuat daftar aktifitas - aktifitas yang akan kita lakukan setiap harinya.

Tetapi, meskipun telah dibuat keladam daftar rincian kegiatan, sering kali apa yang terjadi sebenarnya tidak seusai dengan apa yang telah di rencanakan.



Hal ini disebabkan karena manajemen waktu yang tidak baik.
Pertanyaanya, bagaimana cara me-manage waktu yang baik ?

Untuk dapat memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, maka fokuslah terhadap aktifitas yang bersifat penting, dan kurangi aktifitas lain yang mengalihkan perhatian kita dari aktifitas yang penting.

Contoh : 
Ketika kita akan pergi ke kampus, maka fokuslah melakukan perjalanan ke kampus. Jangan sampai
ketika diperjalan, kita menambah aktifitas lain yang dapat menghambat perjalanan kita, misalnya asik chatting dengan teman sehingga perjalanan terganggu atau ke warung hanya sekedar membeli pulsa yang tidak ada kaitannya dengan tujuan awal kita pergi sehingga perhatian kita terbagi -bagi dan waktu pun terbuang.

Pikiran manusia padasarnya mudah teralihkan oleh hal - hal spontan yang menarik perhatian mereka. Oleh karenanya luruskan kembali ke niat awal agar kita tetap fokus menjalan aktifitas yang penting



Demikianlah beberapa tips sederhana dalam mengelola waktu ..
Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat..

Referensi :
http://www.smstauhiid.com/lima-disiplin-bagian-2-disiplin-waktu-2/
http://www.forbes.com/sites/quora/2013/01/30/how-does-one-manage-time-more-effectively/

ditulis oleh : Sugianto Adi


0 komentar:

Posting Komentar